Tips & Trik Agar Penjualan Laris Di Marketplace.
02.22 |
|
Jualan
online kini sudah tidak asing lagi di telinga kita, berbagaimacam cara dan trik
beredar di sekeliling kita. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan share tips
laris manis jualan online di Marketplace seperti tokopedia, bukalapak
dan shopee.
Jadi
untuk melariskan barang di marketplace,saya punya beberapa variabel penentu
diantaranya adalah:
Pertama adalah tampilan toko. Buat tampilan toko anda di marketplace bagaikan sebuah mall di tengah-tengah toko kelontongan, anda paham maksud saya kan? Ya, buat toko anda semewah mungkin, silahkan gunakan foto-foto terbaik untuk mengisi foto profil, foto banner/header dan foto-foto tampilan awal toko marketplace anda. Jika anda sudah mempraktekanya lalu tetap saja toko anda sepi dari pembeli..yuk kita lihat variable penentu yang selanjutnya.
Kedua Judul barang. Saya biasa
menggunakan 3 Frasa untuk membuat judul di barang jualan saya, pertama fungsi
barang, kedua nama barang dan spesifikasinya(misal warna,ukuran,brand) yang
ketiga adalah gunakan dengan embel-embel kata Termurah, Terlaris dan
sebagainya. Contoh seperti ini, jika saya mau jual sandal kesehatan, Saya
biasanya kasih judul barang “ Sandal anti pegal-pegal / Sandal G-200 / Sandal
Kesehatan Termurah” tapi itu hanya contoh saja ya. Silahkan Improvisasi 3 Frasa
tadi, bisa di bolak balik sesuai insting anda.
Ketiga Foto barang. Gunakan foto dengan
kualitas tinggi dan beri bingkai sederhana yang mempunyai warna kontras dengan
warna background web marketplacenya. Contoh tokopedia, warna background hijau
kan? Silahkan gunakan warna lain yang lebih terang dari hijau. Kalau untuk
warnanya silahkan cari sendiri ya. Kenapa harus memakai bingkai pada foto
produk anda? Karena itu yang akan membuat orang berhenti men-scroll layarnya
saat sedang mencari barang di marketplace. Itu menurut riset kecil saya saja
kok, boleh percaya boleh enggak . Oh iya, usahakan semua barang yang ada
di toko anda memakai bingkai yang sama ya, karena akan mempengaruhi tampilan awal
toko.
Keempat Deskripsi barang.
Untuk
deskripsi, saya biasa menceritakan fungsi barangnya secara narasi jadi tidak
langsung to the point. Ceritakan Benefit atau fungsi dari barang yang anda jual
secara ramah dan pelan, jangan langsung ke inti benefitnya, mainkan kata
sederhana agar pembeli terjebak untuk terus membaca deskripsi di barang jualan
anda dan setelah selesai membaca, pembeli tadi sudah malas
membanding-bandingkan lagi dengan barang dagangan milik lapak atau toko lain
dan akhirnya klik “BELI” deh.
Kelima atau variabel yang terakhir
adalah Catatan lapak / catatan toko. Walau kebanyakan pembeli tidak akan
membaca catatan lapak atau toko kita, tapi jangan sepelekan tentang catatan
lapak atau toko ini, karena di marketplace ada tipe pembeli yang memutuskan
jadi atau tidaknya untuk membeli barang hanya dengan melihat Catatan pada toko
/ lapak anda. Jika catatan lapak anda tidak meyakinkan, barang yang sudah di
add to chart pun akan terlewatkan begitu saja alias tidak jadi di Order.
Sumber : https://medium.com
By :
Winda Sari
AP201
0 komentar:
Posting Komentar