Tips & Trik Agar Penjualan Laris Di Marketplace.

shares |




Jualan online kini sudah tidak asing lagi di telinga kita, berbagaimacam cara dan trik beredar di sekeliling kita. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan share tips laris manis jualan online di Marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan shopee.
Jadi untuk melariskan barang di marketplace,saya punya beberapa variabel penentu diantaranya adalah:

Pertama adalah tampilan toko. Buat tampilan toko anda di marketplace bagaikan sebuah mall di tengah-tengah toko kelontongan, anda paham maksud saya kan? Ya, buat toko anda semewah mungkin, silahkan gunakan foto-foto terbaik untuk mengisi foto profil, foto banner/header dan foto-foto tampilan awal toko marketplace anda. Jika anda sudah mempraktekanya lalu tetap saja toko anda sepi dari pembeli..yuk kita lihat variable penentu yang selanjutnya.
Kedua Judul barang. Saya biasa menggunakan 3 Frasa untuk membuat judul di barang jualan saya, pertama fungsi barang, kedua nama barang dan spesifikasinya(misal warna,ukuran,brand) yang ketiga adalah gunakan dengan embel-embel kata Termurah, Terlaris dan sebagainya. Contoh seperti ini, jika saya mau jual sandal kesehatan, Saya biasanya kasih judul barang “ Sandal anti pegal-pegal / Sandal G-200 / Sandal Kesehatan Termurah” tapi itu hanya contoh saja ya. Silahkan Improvisasi 3 Frasa tadi, bisa di bolak balik sesuai insting anda.
Ketiga Foto barang. Gunakan foto dengan kualitas tinggi dan beri bingkai sederhana yang mempunyai warna kontras dengan warna background web marketplacenya. Contoh tokopedia, warna background hijau kan? Silahkan gunakan warna lain yang lebih terang dari hijau. Kalau untuk warnanya silahkan cari sendiri ya. Kenapa harus memakai bingkai pada foto produk anda? Karena itu yang akan membuat orang berhenti men-scroll layarnya saat sedang mencari barang di marketplace. Itu menurut riset kecil saya saja kok, boleh percaya boleh enggak . Oh iya, usahakan semua barang yang ada di toko anda memakai bingkai yang sama ya, karena akan mempengaruhi tampilan awal toko.
Keempat Deskripsi barang. 

Untuk deskripsi, saya biasa menceritakan fungsi barangnya secara narasi jadi tidak langsung to the point. Ceritakan Benefit atau fungsi dari barang yang anda jual secara ramah dan pelan, jangan langsung ke inti benefitnya, mainkan kata sederhana agar pembeli terjebak untuk terus membaca deskripsi di barang jualan anda dan setelah selesai membaca, pembeli tadi sudah malas membanding-bandingkan lagi dengan barang dagangan milik lapak atau toko lain dan akhirnya klik “BELI” deh.
Kelima atau variabel yang terakhir adalah Catatan lapak / catatan toko. Walau kebanyakan pembeli tidak akan membaca catatan lapak atau toko kita, tapi jangan sepelekan tentang catatan lapak atau toko ini, karena di marketplace ada tipe pembeli yang memutuskan jadi atau tidaknya untuk membeli barang hanya dengan melihat Catatan pada toko / lapak anda. Jika catatan lapak anda tidak meyakinkan, barang yang sudah di add to chart pun akan terlewatkan begitu saja alias tidak jadi di Order.










By :
Winda Sari
AP201

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar